Jl. Raya Cileungsir No. 206 Dsn. Leuweunggede Rancah Ciamis 46387 Telp. (0265) 740689 / HP. 081320761013, 087826952756

Wednesday, April 15, 2020

SEJARAH SINGKAT DAN PERJALANAN LKP/LPK JAVA COMP RANCAH KAB. CIAMIS


Java Comp- Pada tahun 1997, terjadi badai krisis moneter, yang mempunyai dampak negative diantaranya PHK (Pemutusan Hubungan Kerja). Seperti yang dialami oleh pendiri LPK/LKP Java Comp, yang mau tidak mau harus terputus hubungan kerja dengan salah satu perusahaan subcont ASTRA di Jakarta. Sepuluh tahun sudah cukup sebagai pengalaman yang sangat berharga bagi meneruskan perjuangan hidup yang harus diperjuangkan. Selama 7 tahun menjadi operator komputer di subcont ASTRA, menjadi inspirasi untuk membuka usaha baru pelayanan jasa komputer yang kebetulan pada saat itu di Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, belum ada satupun usaha yang bisa melayani jasa komputer, yang padahal pada saat itu pula, masyarakat mulai memerlukan jasa tersebut baik dari komunitas pendidikan maupun instansi pemerintah dan swasta. 
Berawal dari pelayanan jasa ketik cetak, rental dan segala aktivitas yang berhubungan dengan pekerjaan jasa komputer, yakni sejak tahun 1997, hingga sekarang telah menjadi sebuah LPK/LKP Java Comp, yang tetap eksis sebagai salah satu Lembaga Kursus dan Pelatihan dibidang Komputer yang semakin hari semakin solid sistem manajemennya baik intern maupun ekstern dalam rangka menunjukkan kesiapannya menghadapi era teknologi informasi dan komunikasi yang kian hari kian maju perkembangannya. 
Atas dasar permintaan masyarakat Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis, akan pentingnya satu lembaga pendidikan nonformal dibidang kursus komputer, maka pada tanggal 18 Agustus 2000, secara resmi dibuka dan dimulailah Proses Belajar Mengajar Kursus Komputer yang saat itu tutornyapun dilaksanakan langsung sendiri oleh pendiri LPK Java Comp sebagai Instruktumya. Namun seiring dengan derasnya arus informasi teknologi komunikasi yang semakin cepat, sejalan pulan dengan tuntutan serta kebutuhan sarana prasarana dan SDM yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, sehingga pada tahun 2009 LKP/LPK Java Comp menyatakan diri menjadi sebuah Yayasan serta menambah tenaga pendidik dan pengelola menjadi 5 orang, dan sarana komputer yang awalnya hanya 3 unit menjadi 10 unit komputer. 
Ternyata tidak cukup sampai disitu, karena faktor manajemen dan legalitas juga sangat menunjang demi lancarnya proses pembelajaran serta terwujudnya tujuan lembaga, sehingga pada tahun 2010 LPK/LKP Java Comp sudah memiliki legalitas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ciamis, Nomor Induk Lembaga Kursus Nasional, LKP Tervalidasi, berhasil mendapat Akreditasi dengan level B dari LA-LPK. 
Seiring dengan berjalannya waktu, dari tahun 2012 hingga tahun 2016 Yayasan Java Comp telah bisa melakukan Program CSR setiap tahun dan telah meluluskan 1.238 peserta didik, serta sudah bisa menambah sarana komputer menjadi 20 unit serta menambah bangunan untuk ruangan belajar, ruang teori, mushola, toilet siswa, ruang pimpinan dan ruangan lain yang sesuai dengan kebutuhan Yayasan. Dan suatu kebanggaan bagi Yayasan Java Comp bahwa hingga saat ini masih dipercaya sebagai lembaga yang memberikan kepuasan kepada pelanggan dengan terus bertambahnya jumlah peserta didik dari tahun ke tahun. Dan di awal tahun 2017 mendapat penghargaan berupa Sertifikat Akreditasi yang ke dua dari LA-LPK untuk jangka waktu 5 tahun hingga tahun 2021. Dan kebanggan berikutnya dalah pada bulan Desember tahun 2017 mendapat Sertifikat Akreditasi dari BAN PAUD & PNF dengan grade “B”.

1 comments: